BPJS Kesehatan kini semakin bersahabat dengan masyarakat, semenjak awal dirilisnya Aplikasi MOBILE JKN-KIS hingga kini telah banyak melaksanakan perubahan yang cukup signifikan dan membawa imbas konkret kepada pelayanan publik. 
Dengan aplikasi MOBILE JKN-KIS masyarakat yang sudah menjadi peserta JKN-KIS bisa menikmati aneka macam fitur penting terutama yang berkaitan dengan administrasi BPJS Kesehatan sehingga prosesnya menjadi lebih gampang dan praktis.

Dengan teknologi aplikasi MOBILE JKN-KIS, sobat juga sanggup mengecek validasi kartu, pencetakan kartu, pengecekan tagihan iuran, perubahan alamat domisili dan Fasilitas kesehatan tingkat pertama. Saat ini aplikasi MOBILE JKN-KIS sudah tersedia untuk Android dan IOS. Khusus bagi PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah)/Peserta sanggup bangun diatas kaki sendiri sanggup melaksanakan perubahan kelas iuran.

MANFAAT APLIKASI MOBILE JKN-KIS ?
Aplikasi MOBILE JKN-KIS memiliki banyak fitur yang sanggup diakses oleh akseptor sehingga keuntungannya sangat luar biasa. Supaya lebih memahami kegunaan dari aplikasi tersebut, berikut ini yaitu klarifikasi dari masing-masing fitur terbaru yang ada dalam aplikasi MOBILE JKN-KIS :

1. Dengan MOBILE JKN-KIS, semua ada dalam genggaman
2. Kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan.
3. Kemudahan untuk mengetahui isu data akseptor dan keluarga.
4. Kemudahan untuk mengetahui isu tagihan dan pembayaran iuran.
5. Kemudahan untuk mendapat pelayanan di akomodasi kesehatan
6. Kemudahan untuk memberikan pengaduan dan undangan isu seputar JKN-KIS.
7. Memiliki banyak fiture yang lebih komplit, menyerupai sajian peserta, tagihan, pelayanan, dan sajian umum.



  • Info JKN
Merupakan petunjuk teknis menjadi akseptor JKN-KIS yang meliputi isu pendaftaran, hak dan kewajiban, sanksi, akomodasi dan manfaat.


  • Lokasi
Untuk mencari lokasi faskes terdekat dikala akseptor berada diluar kota. Peserta sanggup tiba ke FKTP (Faskes Tingkat Pertama) yang bukan haknya maksimal 3 kali selama perjalanannya, namun kalau akseptor berpindah kawasan disarankan pindah faskes saja.


  • Peserta
Pada fitur ini terdapat isu akseptor JKN-KIS diantarannya : Nama Peserta, Kelas, Status kepegawaian, tanggal lahir dan nama faskes yang ditunjuk.


  • Iuran
Fitur ini fungsinya khusus untuk PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah)/peserta sanggup bangun diatas kaki sendiri yaitu berisi isu tagihan iuran kepesertaannya.

Catatan Pembayaran dan Denda

Fitur ini berisi isu pembayaran akseptor sanggup bangun diatas kaki sendiri dan isu denda yang diberikan kalau ada keterlambatan pembayaran tagihan peserta.


  • Cek VA
Fitur ini berfungsi untuk mengetahui rekening pembayaran yang dipakai oleh PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah/peserta mandiri.


  • Pelayanan
Merupakan isu track record pelayanan faskes menyerupai data riwayat jenis penyakit yang diderita oleh peserta.


  • Skrining Riwayat Kesehatan
Fitur ini berfungsi untuk sanggup melihat potensi risiko kesehatan peserta. Disini terdapat 47 pertanyaan yang terdiri atas kebiasaan dan acara sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga akseptor dan teladan makan peserta. Apabila pertanyaan tersebut telah dijawab, maka akseptor akan memperoleh hasil skrining riwayat kesehatan pada dikala itu juga.

Jika hasil skriningnya mempunyai resiko rendah, maka akan diberi saran untuk menjaga teladan hidup sehat, tetapi apabila resikonya sedang atau tinggi diabetes melitus, maka akan diberi nomor pengakuan atau nomor skrining sekunder dan akan diarahkan ke FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) terdaftar untuk memperoleh tindak lanjut dari tim medis.


  • Ubah Data Peserta
Disini akseptor sanggup melaksanakan perubahan data apabila ada ketidak sesuaian termasuk perubahan faskes sesuai dengan keinginan, untuk perubahan data diri harus beradasarkan data KTP yang berlaku.


  • Kartu Peserta
Apabila ingin mencetak kartu akseptor baru, sanggup dilakukan disini dengan cara menekan tombol email di pojok kiri layar, lalu system akan mengirimkan softcopy E-ID ke email yang dipilih akseptor untuk diunduh dan dicetak.


  • Pendaftaran Peserta
Khusus untuk calon PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah)/peserta sanggup bangun diatas kaki sendiri yang belum terdaftar di JKN-KIS tidak perlu pergi ke kantor BPJS, cukup mengisi formulir pendaftarannya disini, pastikan KTPnya sudah sesuai dengan data di Disdukcapil dan sudah siap membayar iuran dengan prosedur pembayaran autodebet di Bank yang berhubungan dengan BPJS Kesehatan.

Adapun persyaratannya yaitu :

Nomor Kartu Keluarga
NIK
Nomor Handphone
Nomor rekening tabungan (BNI, BRI, Mandiri)
Alamat domisili (untuk pengiriman kartu)
Alamat email


  • Pengaduan Keluhan
Disini akseptor sanggup memberikan keluhannya dengan menghubungi 1500400 (telepon berbayar) terkait pelayanan BPJS Kesehatan, selain itu juga akseptor sanggup konsultasi dengan dokter umum tanpa batasan waktu. Konsultasi sanggup dilakukan pada jam kerja yaitu senin-jumat mulai pukul 07:00-20:00 waktu setempat.


  • Pengaturan
Peserta sanggup melaksanakan pengaturan akunnya disini, termasuk merubah password.

Sebenarnya masih banyak Manfaat kegunaan Aplikasi MOBILE JKN-KIS. Pada kesempatan kali ini  akan memperlihatkan tata cara mendaftar di Aplikasi MOBILE JKN-KIS untuk pemula.

Sangat gampang sekali dan hanya dilakukan di ponsel, tidak perlu ke kantor cabang BPJS Kesehatan.   

Semoga bermanfaat, Jangan lupa share artikel ini ke sobat dan media umum mu ya.


Terima kasih.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: