Faktor yang Mempengaruhi Suku Bunga Saat Kredit Mobil

Melakukan pembelian mobil dengan dana yang terbatas bisa kamu lakukan dengan cara mengajukan kredit mobil bekas pemilikan kendaraan/mobil ke bank atau lembaga jasa keuangan lainnya. Memilih untuk membeli mobil secara kredit, artinya kamu harus membayarkan harga pokok dari mobil tersebut dan suku bunga yang sudah ditetapkan oleh Bank atau Leasing.

Apa itu suku bunga? Suku bunga adalah sejumlah biaya yang diterapkan oleh pihak lembaga jasa keuangan sebagai timbal balik jasa keuangan yang telah mereka berikan kepada para nasabahnya. Besaran suku bunga akan berbeda-beda dan tergantung pada masing-masing lembaga jasa keuangan, namun besaran ini harus mengacu pada aturan pemerintah yang biasanya dikeluarkan dalam Peraturan Bank Indonesia.

Suku bunga yang ditetapkan pihak Bank lebih rendah dibandingkan dengan suku bunga yang ditetapkan oleh pihak leasing. Namun, kemudahan yang ditawarkan pihak leasing menjadikan orang lebih memilih mengajukan kredit mobil via leasing.

Lalu, faktor apa saja yang mempengaruhi besaran suku bunga yang ditetapkan oleh lembaga pembiayaan kredit mobil?

Suku Bunga Acuan Bank Indonesia

Bank Indonesia adalah “kiblat” bagi perbankan dan juga lembaga keuangan lainnya yang terdapat di Indonesia. BI memiliki otoritas untuk mengubah atau melakukan penyesuaian terhadap besaran suku bunga kredit yang berlaku di Indonesia, di mana hal ini bisanya dilakukan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi ekonomi dunia.

Perubahan suku bunga kredit yang dilakukan oleh Bank Indonesia, akan berdampak langsung dengan suku bunga yang diterapkan oleh pihak bank dan juga lembaga pembiayaan lainnya, termasuk yang akan kamu jadikan sebagai sumber pendanaan kredit mobil. Hal seperti ini akan menimbulkan perubahan suku bunga, di mana semua bank dan juga lembaga pembiayaan di Indonesia akan menyesuaikan diri pada besaran suku bunga yang baru tersebut.

Inflasi

Peningkatan nilai inflasi yang terjadi di dalam negeri juga akan mempengaruhi suku bunga secara langsung. Ketika inflasi meningkat dengan tajam, maka Bank Indonesia juga akan menaikkan suku bunga kredit untuk mengikuti terjadinya kenaikan tersebut. Hal ini bisa saja terjadi akibat beberapa hal, salah satunya adalah akibat tingginya permintaan barang impor di pasar dalam negeri.

Kondisi Pasar di Indonesia

Suku bunga kredit juga dipengaruhi oleh kondisi pasar dalam negeri, kamu akan mendapatkan suku bunga yang lebih ringan ketika keadaan pasar sedang stabil dan dalam pengawasan yang ketat dari pemerintah.

Kamu perlu melakukan perbandingan pada beberapa lembaga jasa keuangan, agar kamu bisa mendapatkan kredit mobil yang paling tepat dan juga menguntungkan. Teliti sebelum membeli dan perhitungkan dengan jeli.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: